Friday, February 15, 2008

Arsip: Survey Lokasi Stadion Utama KALTIM (2)




Arsip sejarah tahun 2003 ketika masih melihat lokasi pembangunan Stadion Utama KALTIM di kecamatan Palaran, Samarinda

10 comments:

  1. bener2 hutan yah pd awalnya... btw, ada berapa team mencari lokasinya?

    ReplyDelete
  2. Kita bukan mencari lokasi waktu itu. Plotting lokasi sudah dilakukan oleh Pemkot Samarinda. Kita mendapat peta, cari foto satelit, bawa penunjuk jalan lalu lihat lokasi. Perlu ke lokasi karena tim perancang perlu bayangan kondisi lapangan seperti apa selain melihat foto satelit.

    Boleh dibilang Tim ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya) waktu itu adalah perancang pertama yang melakukan perencanaan dan perancangan setelah melihat lapangan. Sebelumnya sudah ada beberapa rancangan "ngawur" tanpa arsiteknya terjun ke lapangan. Lokasinya dianggap tanah datar gitu saja.

    Rancangan akhir yang dibangun kini memang tidak sesempurna waktu dibuat karena ada banyak reduksi biaya dan pentahapan pembangunan kawasan. Dulu benar-benar dirancang kawasan, sampai rencana kanal penghindar banjir segala ke sungai Palaran, dan banyak aspek lainnya.

    Jumlah anggota tim saya sudah lupa, cukup banyak. Melibatkan ahli-ahli senior (S2 - S3) baik arsitek, t.sipil, t.mesin, t.lingkungan, dll.

    ReplyDelete
  3. Btw, perkembangannya skr seperti apa ya ?

    ReplyDelete
  4. San, kamu masih simpen koordinat waktu kita survey lokasi gak? Boleh donk kapan2 kita napak tilas dan bikin video pembanding. Beberapa minggu lalu, aku sempat lewat stadion, ada beberapa lokasi yang masih aku inget (seperti yang di-bukit dekat kuburan). Tetapi saya gak inget "bukit Raka" dan "bukit Tantra" apa masih ada?

    ReplyDelete
  5. Koordinat tracking aku masih simpan, bisa foto ulang nanti.
    Bukit Raka dan Bukit Tantra... sepertinya di album foto Addini (Indosat) tahun 2006 dia motret dari salah satu bukit itu. Kalau dulu gak bisa dipanjat dengan mudah, sekarang sepertinya gampang ya :) he..he..

    Foto2 masih kusiapkan termasuk beberapa foto2 pertemuan di Surabaya. Setidaknya sudah bukan rahasia lagi sekarang karena bangunannya sudah mulai bisa dipakai. Beberapa desain awal nanti akan kutayangkan disini juga.

    ReplyDelete
  6. bukit raka / tantra? oia, aq nambah foto bukit... apa bukit ituh yang dimaksud...? (foto paling bawah)http://addini.multiply.com/photos/album/42

    ReplyDelete
  7. Bukit-bukit itu kita beri julukan nama-nama orang yang memanjatnya ketika itu untuk melihat situasi dataran tinggi calon lokasi kompleks stadion. Karena memang disitu tidak ada nama2 pasti selain koordinat via GPS.

    Dulu memanjatnya susah karena memang tidak ada tangga, hanya jalan setapak saja.

    ReplyDelete
  8. duuuh, naik tangga ajah udh capek... apalagi bnr2 manjat bukit...
    hmmm, jgn2 skrg buat ituh udh rata dgn tanah yah hehehe...

    ReplyDelete
  9. Ada yang dibelah untuk jalan yang sekarang nyambung ke Jl.HAM Riffadin. Tadinya kan semua harus lewat desa Simpang Pasir, posko di kantor kelurahan.

    ReplyDelete